Blok akan dimiliki oleh seluruh kendaraan bermotor, tak terkecuali di Vespa. Fungsinya berperan cukup Vital, sebab tanpa baut ini pembakaran kendaraan kurang maksimal
Memilih baut blok yang awet dan
ulir mur-nya kuat ternyata cukup sulit, sebab di pasaran sekarang rada
susah mendapatkan baut blok yang bagus atau asli. Di toko spare
part yang mudah ditemui biasanya yang lokal, alias baut blok yang
biasa.
Masalahnya baut blok
yang biasa tersebut, mur-nya mudah sekali dol (jebol). Ujung-ujungnya adalah
pembakaran bocor melalui cilinder cop. Memang seh, yang menyebabkan dol-nya
baut blok tidak melulu kesalahan baut. Adakalanya berasal dari pemakai vespa
yang suka ganti-ganti montir. Khusus untuk yang berasal dari kualitas baut
blok, apakah bisakah mendapatkan baut blok yang kuat seperti baut asli ?
Bagaimana membuat baut
Blok Vespa cukup kuat, mur-nya tidak mudah dol, dan tahan lama untuk
dipergunakan ? Ternyata caranya tidak sulit.
Dibawah ini beberapa
langkah yang pernah dilakukan penulis untuk membuat baut blok Vespa menjadi
mumpuni, kuat, tidak mudal dol mur-nya. Setelah tanya sana sini ke tukang (mpu)
pembuat golok di kampung dan home industri pembuat di Tegal,
maka Jadilah pengalaman dibawah ini. Akan lebih mumpuni lagi jika
kita sendiri yang membuat (cor) bautnya, tetapi hm . . . . . ribet
juga, wong butuhnya cuma baut blok kok.
- Langkah Pertama, Beli lah baut blok biasa di toko spare part Vespa, baik yang ukuran standar ( 11 - 11) atau udah rubahan ( 11 - 13 , 13 - 13, 12 - 12). Jika ada yang asli juga ga masalah. Carilah baut yang ulir murnya panjang dan masih mulus. Ingat banyak baut yang dijual ulirnya lebih pendek dan sudah dalam kondisi cacat.
- Langkah Kedua, siapkan beberapa bungkus arang kelapa (dari batok kelapa) dan Oli mesin dan minyak sayur. Arang kelapa dipakai dengan pertimbangan panas-nya lebih bagus dibandingkan arang kayu. Oli mesin dan minyak sayur dipakai untuk memperkuat unsur logam. Dengan suhu panas tertentu dimasukan kedalam kedua cairan tersebut, membuat metalurgi logam (besi/baja) tersebut akan menjadi kuat.
- Ketiga, Bakar arang kelapa didalam panci (ruang kedap / oven), untuk mendapatkan panas yang maksimal. Dan masukan beberapa baut blok yang sudah dibeli untuk ikut dipanaskan dalam arang kelapa. tetap usahakan membara dengan dikipas terus. Dengan pembakaran itu akan menjadikan baut blok berwarna agak merah. setelah panas, Angkat baut blok dan celupkan ke oli mesin, lalu bakar kembali. Setalah panas, angkat kembali dan celupkan kedalam minyak sayur, lalu masukan kembali ke bara arang batok. LAKUKAN BERULANG ULANG dengan selang seling minyak dan oli. SEMAKIN Panas dan semakin lama kita bakar dan semakin sering gonta ganti di celupkan ke oli / minyak sayur, akan makin memperkuat ulir mur baut blok.
- Setelah dilakukan berulang-ulang dan kita anggap cukup (kurang lebih 15 menit), angkat baut blok, dan dinginkan. Ingat Jangan didinginkan dengan air. biar kan sampai dingin dengan sendirinya.
Insya allah baut yang
sudah diperlakukan demikian, akan lebih bagus, bisa jadi lebih bagus dari
buatan pabrik, he he....... Apalagi pembakarannya maksimal, kipas jalan
terus supaya bara tetap terjaga, hasilnya akan sangat memuaskan. Baut blok
hasil proses bakaran tersebut biasanya akan berwarna hitam dan agak basah
(tidak kering seperti yang dijual di toko)
Selamat mencoba.
by : fachriza putra + nandamuharman.blogspot.com
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer
0 komentar:
Posting Komentar