Welcome in My blog ..

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

Yamaha RX-Twin

Senin, 04 Maret 2013

RX-Twin Motor Legendaris Yamaha

RX-Twin Motor Legendaris YamahaNgobrolin tentang produk Yamaha tempo dulu ini memang tidak ada habisnya, walaupun sekarang keberadaannya sudah mulai tersamar karena sulitnya barang dalam kondisi prima dan ditambah lagi langkanya part yang terbenam didalamnya, membuat para pemburu motor lawas harus berpikir ekstra keras untuk mengkoleksinya.
Yamaha RX 125 namanya, terlahir pada tahun 1979 dan mengaspal dijalanan tanah air hingga tahun 1982/83?an. Saya sendiri kurang begitu jelas mengenai bagaimana produk ini masuk ke lini penjualan Yamaha Indonesia (YMKI) kala itu, apakah diproduksi dengan sistem CBU atau di CKD layaknya RX-King. Yang jelas, motor ini adalah generasi penerus kesuksesan Yamaha RX-100 yang terlebih dulu wara-wiri dimarket domestik Indonesia periode 1976 hingga 1981. Tapi yang kadang membikin saya bertanya dalam hati, kenapa rentan waktu produksi motor ini tergolong relatif singkat dari pada sang adik (RX-100) ataupun sang kakak (RX-King 135)?.
Masih seperti keluarga Yamaha RX lainnya, teknologi yang dianut pada motor ini juga sama-sama 2 tak konvensional. Hal itu bisa dilihat dari kubikasi mesinnya yang sebesar 123cc, dengan bore x stroke 56mm x 50mm, berpendingin udara, 4 speed, serta pengkabut bahan bakar diolah oleh Mikuni VM22. Soal horse power, motor ini bisa menghasilkan 13 daya kuda pada saat mesin bergasing di 7.000rpm, dengan kompresi yang didapat sebesar 6.4 : 1, terbilang lumayanlah power yang dikeluarkan untuk ukuran motor jaman bahula.
Secara model, motor-motor tipe RX keluaran Yamaha bisa dibilang mempunyai jenis abadi. Maksudnya dari jaman era tahun 70?an hingga 90?an, design motor tidak terlalu neko-neko. Terkesan minimalis tapi berkarakter maskulin. Nah karakter maskulin ini juga bisa didapati pada RX-125, tangki model oval dengan head lamp bulat serta tail lamp kotak, mencirikan kesan oldies but goodies. Kesan oldies sangat kental terlihat pada penggunaan tutup rantai yang masih membungkus semua dari depan hingga belakang serta model swing arm berbentuk bulat….it’s so classic!
tags: , ,



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Poskan Komentar

 

buku tamu


Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini (Info Blog)